Mencoba dan Merasakan (1)

Well, selama aku berada di Bontang-Kaltim pipiku serasa tak bertulang lagi. Karena apa?ya karena banyak sekali hal-hal baru yg aku temui dan hal baru itu adalah Makanan. Oh...dan aku tidak bisa menahan hawa nafsu untuk mengunyah dan mengunyah. Beberapa makanan memang baru aku temui disini, dengan nama yg unik dan dengan sajian yg khas dan dari beberapa tempat yg berbeda.


Pisang Gapit

Dari namanya pasti udah tau, ya ini pisang yg digapit. Lama bener ngidam makanan ini, udah lama denger tapi baru sempet nyoba. Dan mencobanya di Bontang Kuala. Harga sih standar Bontang, yg taulah harga dibanding di jawa bisa bedanya kayak langit dan bumi #halah Rasanya sih standar juga karena aku belum nyoba yg versi Samarinda, ini pisang gapit versi Bontang Kuala, pisang di bakar tapi dengan cara digapit nah habis itu di taruh dia atas piring dan dikasih bumbu semacam kayak bubur itu. Pengen nyoba yg versi Samarinda, semoga cepat terkabul.


Es Susu + Sanggar + Ote-ote

Baru ngeh banget yg namanya Sanggar itu ternyata singkatan pisang goreng, penasaran dan kepo banget kemarin kekeuh nyari tau apa itu sanggar. Dan baru tau juga ote-ote itu bakwan. Alhasil perburuan sanggar  dan pisang goreng menuju ke Bastino tempat gorengan paling oke dan tempat paling gaul di Bontang. Konon, anak-anak sekolah hobi bener mbolos ke Bastino cuma mau beli gorengan sama Es Susu andalan. Es Susu nya itu kalo lidahku bilang mirip sama soda gembira tp dengan harga yg standar juga. Gorengan emang mahal bgt, aku sempet shock dgn harga gorengan dsini yaitu mencapai angka 1500 , kalo di jawa bisa dapet tiga dan kenyang bener. Tapi dengan harga gorengan satuan 1500 memang ukuran lebih gede sih.Dan yg bikin khas makan gorengan disini adalah ada sambalnya. Kalo di jawa makan yg di cocol bumbu atau sambal cuma makan Tahu Petis, kalo disini makan gorengan pasti ada sambalnya atau bumbunya yg terbuat dari bumbu kacang dan rasanya ada manisnya tp agak pedes juga. Mau makan ote-ote mau makan sanggar pasti dicocol pake itu bumbu.

Comments

Popular Posts