Sudah Merdeka (?)

Katanya sih hari ini tepatnya 66tahun yang lalu Indonesia Merdeka, iya merdeka dari penjajah yg udah ngejajah Indonesia. Dan dari bangsa lain, Merdeka dari mereka saat itu. Perjuangan Bung Karno dan teman-teman sejawatnya, memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pantaslah skrg mereka bisa kita sebut pahlawan, karena mereka kita bisa merasakan kemerdekaan dari penjajah, tidak ada lagi kerja rodi, tidak ada tanam paksa dan tidak ada lagi dibangunkan paksa oleh suara dentuman senjata. Bisa dibayangin pada masa itu, kakek nenek atau bahkan buyut kita merasakannnya, bersyukurlah sekarang kita tidak merasakan itu.

66tahun itu tidak serta merta berjalan dengan cepat, banyak sekali kejadian bahkan proses yang dilewati selama menginjak usia ini. Bapakku saja, hanya merasakan kemerdekan sampai 53tahun kemerdekaan Indonesia. Masih jaman era Pak Harto dan masih jaman hanya tiga partai merah,kuning,ijo. Kerasa banget jaman aku masih menginjak Sekolah Dasar, jaman itu aku hanya masih bisa senang-senang belum bisa mengerti apa itu kemerdekaan dan hanya bisa ikut senang memeriahkan karena banyak pawai dan hiruk pikuk kesibukan mempersiapkan kemerdekaan. Kemerdekaan jaman itu hanya aku tau dari buku sejarah, ya hanya dari buku sejarah yg di ajarkan oleh guruku, Rengasdengklok,  dan beberapa tempat lainnya.

Saat ini?setelah umurku menginjak angka kembar dua taun ini, kemerdekaan apa sih yg sudah aku capai?Kemerdekaan berekspresi, berpendapat, berkesenian, berpetualang dan banyak hal. Namun betapa mirisnya ketika melihat yang harusnya merdeka itu bangsa kita, Negara Kita ya Indonesia. Sudah Merdeka kah? Mungkin merdeka dari bangsa lain sudah, merdeka dari bangsa sendiri? Bolehlah kita flashback ke belakang, dari jaman pemerintahan Pak Karno, Pak Harto dan sampai sekarang jaman presiden SBY. Kemerdekaan apa sih? Banyak sekali problematika Indonesia, kadang sampai rumit aku saja sudah sampai malas mendengarkan bahkan melihat berita di Televisi. Miris rasanya melihat Indonesia yg dijajah oleh bangsanya sendiri. Ayolah Merdeka, untuk memerangi bangsa sendiri.


Perjuanganku mudah karena melawan bangsa asing. Perjuangan penerusku akan sulit karena melawan bangsa sendiri. 
-Ir Soekarno-

Comments

Popular Posts