tempat kerja lama dan seisinya

Dan tiba-tiba juga aku rindu dengan tempat kerja lama dan seisinya. Sebelum aku memutuskan untuk ke pulau Kalimantan aku sempat merasakan beberapa kali kerja di beberapa tempat juga. Mulai dari jaga warnet, jaga distro, jadi barista di suatu kedai kopi, dan menjadi crew off air di sebuah stasiun radio ternama di Jogja serta menjadi disainer di studio photo yg cukup lama di Jogja juga. Kesempatan demi kesempatan itu aku jalani dengan baik-baik, dimana aku bisa belajar banyak dari semua tempat kerja tersebut. Belajar cari duit, belajar menjadi dewasa, belajar bekerja dalam tim, belajar dikejar deadline yg membuat otak jenuh, belajar cepat untuk beradaptasi, dan belajar mengerti beberapa karakter orang satu sama lain.

Dari semua tempat itu membuatku menjadi punya banyak teman, kenalan serta link di kota istimewa itu. Dan ketika aku harus keluar dari zona amanku itu memang berat, dimana aku sudah mendapatkan pekerjaan yg mumpuni kalo orang bisa ngomong dan sudah bisa menabung dan ketika aku sudah mempunyai banyak sekali teman dari berbagai komunitas. Istilahnya aku lagi eksis banget kemarin, dan aku memutuskan untuk keluar dari zona itu. Berat memang, tapi untuk kedepan yg lebih baik aku berusaha untuk melepaskan semuanya. Teman-teman yg sudah mengerti aku, teman dalam kerja, bercerita dan berbagi semuanya.

Ingat sekali jaman kerja di warnet, ada jam tertentu aku bisa memasukkan beberapa temanku untuk main internet dengan gratis. Dan untungnya buatku aku bisa bermain internet dengan puas, jaman itu jaman friendster, aku bisa bertemu beberapa teman yg sampai saat ini masih jd temanku. Kemudian beberapa bulan kerja di warnet aku move kerja di sebuah distro yg bernama "Tengkiu" yg berada di jalan kaliurang km.5, toko berwarna magenta itu juga sangat mempengaruhi hidupku skrg. Aku bisa tau beberapa lagu non mainstream dan beberapa teman yg sampai skrg pun mempengaruhi hidupku. Dibawah pohon, dan menikmati es jeruk dan beberapa gorengan dari burjo depan untuk menunggu pengunjung yg mau datang, masuk untuk melihat-lihat bahkan membeli dari toko magenta itu. Canda tawa dan cerita anak-anak yg datang hanya untuk menemani atau nongkrong di toko magenta membuatku merasakan suasana yg berbeda ketika bekerja disitu. 
   

Satu tahun aku bekerja disana, banyak cerita aku alamin. Dari dimarahin bos gara-gara lupa mati'in parfum, ya semuanya jadi kenangan skrg, dari situ aku bisa belajar disiplin karena kerja shift ya walaupun part time tp aku bisa. Karena sudah terbiasa kerja, maka selesai kontrak dengan toko magenta aku mencari kerja'an lain yg bisa aku sambi saat kuliah dan berawal dari iseng juga aku mengirimkan CV untuk mengisi pekerjaan di sebuah kedai kopi yang berada di selokan mataram. Logo tempat ngopi berhuruf K biru dan besar,disana aku menemui banyak tantangan. Dimana di tempat kerja ini, aku diharuskan untuk bekerja sampai pagi dan dibagi dengan beberapa shift. Serta melayani bebera customer yg bermacam-macam dari anak muda, sampai ekskutif muda atau bahkan bapak-ibu yg membawa serta keluarganya untuk sekedar menikmati secangkir kopi. Delapan bulan bekerja di tempat nongkrong yg mempunyai fasilitas wifi, itu kadang repot juga disaat wifi tidak menyala aku pun berubah menjadi orang yg sok ngeh IT, disamping itu bekerja disini juga diharuskan untuk gampang bergaul dan ber-adaptasi, karena kerja dengan beberapa orang yg mempunyai sifat serta watak yg berbeda-beda. Setiap sebulan sekali diadakan GM atau General Meeting serta GC atau General Cleaning dimana kita para barista berkumpul untuk sekedar meeting dan bersih-bersih kedai. Di keiko aku belajar meracik kopi, dan cara menikmati kopi dari berbagai tempat.

Masa delapan bulan belum selesai, aku sudah iseng lagi mencoba bekerja di tempat lain. Ya, disini di tempat kerja baru aku menikmatinya sekali, dan sangat senang dimana aku diharuskan mengurus beberapa event sebagai crew off air sebuah radio yg lumayan ternama di Jogja. Dari jadi runner, stage manager, jadi tukang motret sampai jadi LO dan apapun aku jalani disini. Pekerjaan yg dinikmati dan dilakukan dengan senang akan membawa ilmu yg sangat besar, hahaha sok bijak aku, tp memang ini terjadi padaku. Di pekerjaan ini aku menemui banyak hal baru serta beberapa orang baru dimana koordinasi dan komunikasi antar person sangat penting. Belajar dari event satu ke event satunya, dari yg mencapai target sampai dengan yg gagal, dari gaji per-event yg memuaskan dan ada yg mengecewakan. Canda tawa beberapa orang didalamnya serta persaudaraan di antara kami, ya ini menjadi seperti keluarga baru untukku selama hampir dua tahun dan sampai sekarang. Pojok H5, di kompleks bulaksumur, yg kadang kita bekerja sampai pagi untuk menyelesaikan pekerjaan atau bahkan kita sampai menginap disana. Aku sangat menikmatinya.

Karena bayaran kuliah semakin meninggi, uang kos naik dan beberapa kebutuhan banyak diperlukan. Mau tidak mau aku banting setir lagi, mencari pekerjaan yg bisa untuk memenuhi itu semua atau malah bisa untuk menabung, Di kuliahku yg sudah akan menempuh semester akhir, dan dengan mempunyai beberapa skill untuk mengolah dan mengotak-atik beberapa software. Dengan modal nekat, aku mencoba apply portfolio dan surat lamaran ke sebuah studio photo di Jogja. Dengan menimbang dan melihat kemampuanku, dan dengan keberuntungan akhirnya aku diterima bekerja di tempat itu. Dengan persyaratan aku tetap menjalani kuliahku, walau bekerja selama full time atau delapan jam. Capek memang tetep kuliah dan kerja full time, padahal di semester itu aku sedang sibuk-sibuknya dan banyak sekali tugas yg harus dikerjakan. Kadang aku suka mencurangi jam kerja, dengan memotong untuk kuliah tp dengan syarat sehari tetap delapan jam, seperti aku kuliah jam sepuluh, aku masuk kerja jam delapan sampai jam lima, jam sepuluh aku keluar untuk kuliah namun nanti aku nyambung lagi sampai malam. Disaat temen-temen sebayaku sedang asik berkumpul bercerita dan nongkrong, aku masih di tempat kerja sampai malam. Lelah memang, apalagi saat itu kadang aku masih menjalankan beberapa event di radio, kadang jadwal kerjaan yg bentrok memang, saat ada event aku harus mengorbankan kerjaan atau kuliah. Sering sekali kuliah yg aku korbanakan, sekedar mbolos atau nitip absen ke temen. Setaun tepat aku bekerja di Agatha Photo sebagai disainer atau Digital Imaging yg diharuskan mengejar deadline mengedit beberapa photo dan bahkan banyak photo dimana kadang berhadapan langsung dengan beberapa customer yg bermacam-macam. Alhamdulilah, dengan pekerjaan tersebut aku bisa menyelesaikan kuliahku, bahkan sebelum selesai kuliah aku sudah terbang meninggalkan zona amanku di Jogja. Karena aku suka tantangan akhirnya menerima tawaran untuk bekerja di tempat kerja baruku saat ini, sudah setengah tahun aku menikmati pekerjaan baru ini walaupun kadang juga megeli dengan sebuah birokrasi yg ribet. Mari kita nikmati saja. Sekarang, aku tinggal menunggu wisudaku Oktober besok, kadang kalau ingat jaman-jaman di Jogja, aku suka iri sekali liat temen-temen yg seumuranku bisa berkumpul dan bermain bersama, tapi disisi lain aku bangga pada diriku bisa menamatkan kuliah dengan biaya sendiri :)

Comments

Popular Posts