Liat Lumba-lumba di Teluk Kiluan

Terakhir lihat lumba-lumba itu ya di Sea World yang ada di Ancol. Sebelumnya pertama kali ngeliat di Magelang sejam dari Temanggung ketika SD ada acara piknik sekolah gitu, nah lumba-lumba Ancol itu yang muter keliling ke daerah-daerah. Walaupun kita senang, tapi sebenarnya kasihan loh sama mereka karena diajak keliling.

Nah ini akhirnya diajak ke Teluk Kiluan oleh para temen-temen buat ngeliat habitat aslinya si lumba-lumba ini. Kiluan itu ada di daerah Lampung, jadi ini juga untuk pertama kalinya diriku naik kapal nyebrang ke Pulau Sumatera.

Berangkat hari Jumat malam dengan meeting point di Plaza Semanggi. Kami naik mobil elf sewaan dari yang bikin trip ini, rombongan sendiri adalah teman-teman sekitar bersepuluh orang. Di perjalanan sudah saya siapkan untuk tidur mengingat harus ke Merak dulu baru nyebrang. Nah, sampai Lampung kita keesokan harinya.

[gallery ids="1158,1165,1166" type="rectangular"]

Sampai Lampung sekitar subuh, kemudian kita lanjut perjalanan ke Kiluan. Hmmm, perjalanan sungguh capek dan pusing karena jalan masih jelek banget. Dan sampai Kiluan jam12 siang. Belum nyebrang ke teluknya dari daratan yang kebetulan perkampungan penduduk.

Nah, setelah kita nyebrang siap-siap nggak ada sinyal di sana. Beneran nggak ada sinyal, jadi quality time buat ngobrol sama temen-temen aja dan main di pinggir pantai buat main air atau snorkling.

Baru keesokan pagi subuh kita naik kapal buat ngeliat lumba-lumba. Kenapa harus habis subuh berangkat? Karena jam segitu mereka sedang bermain-main di area tersebut.

[gallery ids="1185,1186,1187" type="rectangular"]

DAN KAMI MENEMUKAN LUMBA-LUMBA, hahaha entah norak atau gimana saya sambil menangis haru karena beneran dekat banget dengan mereka. Mereka berenang loncat dan banyak banget di samping kanan kiri.

Kata pemandu, kalau telat sedikit akan kehilangan momen ini. Jadi bersyukur Alhamdulilah saya bisa mendapatkan mereka sedang berenang beriringan dan ramai sekali.

Oh ya untuk budget sangatlah murah. Kita nginep di rumah penduduk dan termasuk transport dari Jakarta pakai mobil elf udah termasuk makan juga. Sekitaran 500ribu rupiah.

Walaupun kami di jalan capek, tapi senang mendapatkan kenangan seumur hidup. YEAY!

Comments

Popular Posts