Kulineran di Cirebon

Siapa yang tidak tahu dengan Nasi Jamblang atau Empal Gentong? Kalau yang tidak tahu, sungguh kamu harus mencobanya dan wajib, karena makanan khas Cirebon itu nagih banget hahahaha

2013-03-29-11-37-23

Berawal dari promo Tiket Kereta Api dalam rangka ulang tahun mereka, Mas Alle mengajak saya untuk jalan-jalan ke sini. Ngapain di Cirebon? Bisa ke mana aja? Kami tanpa itinerary yang jelas, karena saya belum pernah ke kota ini. Kalau pun pernah juga cuma lewat untuk perjalanan pulang ke Temanggung bawa kendaraan. Tiket kereta promo dapet 50an ribu jadi PP nggak sampe 100ribu. Murah banget kan?

Setelah dicari tahu, di kota ini banyak tempat wisata dan juga tentunya KULINERAN. Nah, untuk saat ini saya dan Mas Alle mencoba untuk kulineran dan makan sepuasnya di sini. Baru juga keluar stasiun kami langsung mencoba mencicipi nasi jamblang karena sampai Cirebon sudah malam jadi kami naik becak makan di pinggir jalan. Bukan yang tempat biasa orang kulineran, tapi yang penting makan dulu.

Keesokan harinya kami baru mencoba makan Nasi Jamblang yang hits dan terkenal itu loh. Saya ke Mang Dul dan juga Bu Nur, saya datangi dua-duanya dan antrinya beneran banyak ahahahahha untung dapat antrian dan kami menikmatinya dengan lahap.

[gallery ids="987,977" type="rectangular"]

[gallery ids="990,988" type="rectangular"]

Kami ke mana-mana naik becak dan jalan kaki, karena memang deket. Jadi kami pun jalan-jalan buat apa? Makan lagi. Setelah makan ini kami menikmati Tahu Gejrot.
jadi ngiler pas nulis tulisan ini

Mau tahu oleh-oleh apa di Cirebon yang unik? Tape, iya tape karena disajikan dalam bentuk ember. Beneran kita beli ember berisi Tape hahahaha sungguh epik tapi enak.

Kulineran selanjutnya adalah Bubur Sop Mang Kapi yang buka tengah malam di deket rel kereta api. Namanya juga kulineran apapun dan aneh dicoba yang penting pernah ngerasain. Iya beneran kita makan Sop yang dalemnya isinya bubur hahaha dan heran ini antri serta rame banget tempatnya.

[gallery ids="985,983" type="rectangular"]

Besoknya saya ketemu temen yaitu Mamah Wiwik sama Chicko dan juga Mbak Dita yang pada saat bersamaan di Cirebon. Kalau Chicko alias Gembrit mah emang di Cirebon hahaha

Karena dulu Mamah Wiwik memang sempat tinggal di Cirebon lama jadinya kami diajak kulineran lagi yaitu Es Oyen dan juga Lotek khas Cirebon. YUUUUM enak banget ini pokoknya. Habis makan kami diajak ke Batik Trusmi kemudian makan lagi hahaha kali ini makan lesehan ala Sunda. Pokoknya kenyang gila deh.

[gallery ids="992,1002,1006" type="rectangular"]

Nah atas saran dari Chicko juga, saya dikasih tahu harus makan Mie Get di deket Hotel Santika Cirebon tempat di mana Dia kerja. Penasaran Mie apa itu, karena dia bilang enak banget akhirnya saya coba. HMMM, jadi ini kalau di Jakarta semacam Mie Abang Adek, Indomie toping Cabe hahaha huh hah banget.

[gallery ids="1005,1004" type="rectangular"]

Sebelum saya pulang ada satu makanan yang belum saya coba yaitu EMPAL GENTONG, kata info yang paling enak itu di dekat stasiun jadi yasudah sebelum balik persis saya makan lagi hahahahaha

[gallery ids="982,981" type="rectangular"]

Comments

Popular Posts