Visa Jepang, Visa Pertamaku!


Sombong, baru kedua kali ke luar negeri aja udah berani ke Jepang dengan modal dengkul hahahaha iya nekat banget nih pokoknya mumpung ada yang ngajakin jalan.

Ini adalah keribetan pertama kali dalam kehidupan saya dalam membuat Visa karena saya baru ada satu cap ke luar negeri yaitu ke Singapura. Ketakutan pun terjadi, jangan-jangan karena satu doang capnya terus nggak diterima :(

Baca-baca dan mencari tahu serta memastikan dengan menelfon Kedubes Jepang yang beralamatkan di Jalan MH Thamrin tepatnya sebrang Hotel Pullman sebelah The Plaza - Plaza Indonesia.

Cari tahu dulu Visa apa yang ingin kamu apply di sini! Setelah saya apa yang harus saya cari saya mulai mempersiapkan kelengkapan seperti di bawah ini.

  1. Paspor Asli, karena akan disimpan di sana selama proses apply visa

  2. Formulir Permohonan Visa
    Download disini http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html

  3. Pasfoto terbaru, karena saya tidak punya akhirnya saya ke Sabang yang di belakang Sarinah untuk foto diri dengan background Putih. Untuk visa Jepang, foto yang digunakan berukuran 4,5 cm x 4,5 cm =20,25 cm² dengan latar belakang putih.

  4. Fotokopi KTP, KK, Akte Lahir. Ini saya lengkapin juga dengan Ijazah terakhir.

  5. Surat Keterangan Karyawan dari Kantor, yang saya minta ke HRD.

  6. Jadwal Perjalanan sejak Masuk hingga Keluar dari Jepang (Itinerary) yang disediakan di website kedubes Jepang.

  7. Bukti Keuangan (tiga bulan terakhir, rekening koran), ini yang bikin degdegan karena saya hanya punya budget sedikit sehingga saya lampirkan juga tabungan lain seperti reksadana.

  8. Bukti pemesanan Tiket PP, Tiket Wahana, Booking Hotel yang sudah kita pesan jauh-jauh hari.

Untuk datang ke Kedubes Jepang lebih baik lebih pagi karena antriannya panjang dan tentunya di hari kerja, Senin - Jumat (kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan) dengan jam di bawah ini:
  • Pengajuan Permohonan Visa : pk. 08:30 - 12:00

  • Pengambilan Paspor : pk. 13:30 - 15:00
Setelah antri lama, akhirnya saya dipanggil juga yang ketika maju cuma menghabiskan waktu beberapa menit tidak sebanding dengan antrinya huhuhuhuhu

Saat masukin berkas, dikasih tahu sama mbaknya kalau proses akan seminggu hari kerja. Nanti langsung ambil saja dan pembayaran Single - Visa sebesar Rp330.000 dilakukan jika Visa diterima.

Hmmmm, degdegan takut nggak diterima karena cap di paspor saya baru satu. Dan setelah seminggu akhirnya saya datang ke Kedubes lagi. Antri kembali dan rasanya kayak dipanggil ke ruangan BP saat jaman SMA bandel hahahaha degdegan banget. Setelah dibuka paspor saya, saya bahagia Visa pertama saya diterima. HALO DORAEMON!

Comments

Popular Posts