Imlek di Kota Tua

Buat saya yang asli Jawa banget, selalu senang dulu ketika ada perayaan Hari Imlek di kota kecil saya. Karena apa? Di Klenteng deket rumah selalu ada penampilan Barongsai dan ramai banget karena sampai malem pertunjukkan itu.


Nah semenjak saya merantau ke Jakarta, ketika Imlek selalu sepi dan seperti hari libur lainnya yang kegiataan saya hanya bangun siang, makan, nonton TV
diulang terus sampai capek.
Maka dari itu ketika teman mengajak untuk pergi ke kawasan Kota Tua di Jakarta untuk menikmati kemeriahaan Imlek maka saya pun dengan langsung bilang "YUK"

Janjian Sabtu pagi untuk ke sana, kami pun tidak melewatkan buat mencoba kuliner di kawasan ini yaitu di Kopi Es Tak Kie yang sangat hits akan sejarahnya. Walaupun di sana ada makanan yang non halal, tapi saya mencoba untuk menikmati Es Kopinya saja yang katanya paling terkenal.



Di deket tempat sarapan kami ini juga banyak sekali tempat jualan makanan serta cemilan yang otentik. Tapi untuk saya harus pintar memilih, mana yang bisa saya nikmati atau tidak dikarenakan kehalalannya itu hihihihi

Setelah kami puas menikmati sederetan kuliner di kawasan Petak Sembilan ini, kami pun bergegas jalan kaki menuju tempat-tempat yang identik dengan hari Raya Imlek. Tak lain dan tak bukan adalah Klenteng yang ada di sekitaran sini.

Ternyata ada beberapa Klenteng yang terdapat di kawasan ini, ada yang kecil dan besar. Saya sungkan untuk bertanya detailnya, karena beberapa orang sedang sibuk beribadah. Makanya daripada saya mengganggu saya hanya mengamati mereka datang ke Klenteng beribadah dan juga berdoa.

Kawasan Petak Sembilan ini sangatlah mudah untuk ditemukan dan juga sangat menyenangkan untuk berjalan mengelilinginya. Kamu bisa menemukan Pasar Tradisional yang masih sibuk dengan aktifitas jual beli, tempat makan, dan juga penduduk yang ramah.

Buat yang ingin ke mari, bisa menggunakan Kereta dengan turun di Stasiun Kota kemudian lanjut naik Angkot. Buat yang pakai kendaraan sendiri bisa menggunakan Maps, namun agak PR dengan parkiran. Jadi harus sabar mendapatkannya ya
pengalaman banget susah dapet parkir hahahaha
Kata teman, lebih seru lagi kalau Hari Raya Imlek di Palembang atau Pontianak sana. Wah semoga saya ada rejeki untuk ke sana ya, Amiin.


Comments

Popular Posts