Bikin Visa Korsel? Mudah kok!


Awalnya sih cuma niatnya ke Jepang doang, tapi ternyata ada promo tiket Peach Airlines racunracunracun jadi yaudah sekalian aja.

Sempet baca-baca katanya kalau ke Korea Selatan cuma transit itu nggak harus bikin visa lagi kalau sudah punya Visa Jepang. Tapi juga katanya hanya rute seperti contoh: Jakarta-Korea-Jepang-Jakarta atau Jakarta-Jepang-Korea-Jakarta. Namun tenyata Visa transit tersebut untung-untungan, ada yang aman saja ada juga yang kena di imigrasi.

Dikarenakan rute saya: Jakarta-KL-Jepang-Korea-Jepang-Manila-Jakarta, mau nggak mau saya harus bikin Visa Korea juga.

Ribet nggak sih? Bikin deg-degan nggak sih? Kalau soal ribet sebenernya enggak, selama kita punya data lengkap dan valid. Soal degdegan pasti, karena kita udah pesan tiket kalau nggak diterima kan kecewa.

Apa yang harus dibawa ketika apply Visa Korea?

  1. Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)

  2. Pas Foto Terbaru jangan edisi lulus SMA dengan ukuran 3,5cm x 4,5cm, lebih baik background putih.

  3. Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto), bisa diunduh di sini.

  4. Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan, saya kemarin lampirkan Akta, KTP juga sekalian.

  5. Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan.

  6. Rekening koran tiga bulan terakhir, ini kayaknya hal wajib di setiap apply visa agar kedubes tahu detail laporan keuangan kita. Tidak ada minimal berapa rupiah harus ada di tabungan, tapi taruh saja minimal satu juta per hari untuk berapa hari di sana. Kalau ada lampiran slip gaji lebih baik, kemarin saya melampirkan bukti pajak SPT sekalian biar kelihatan seperti warga negara yang bayar pajak.

  7. Di atas ini adalah poin yang wajib dan harus dilampirkan, biar menambah keyakinan Kedubes, saya melampirkan juga Itinerary dan bukti pemesanan tiket PP.

Untuk biaya pembuatan Visa Korea sendiri, karena saya hanya berkunjung dan di bawah 90 hari kena biaya - Single Visa sebesar Rp544.000. Sedihnya lagi kalau Visa kita tidak diterima, duit nggak akan balik. Jadi beda dengan pembuatan Visa Jepang yang bayar kalau diterima, kalau Visa Korea tidak. Untuk pembayaran kas keras tidak boleh debit.


Oh ya ke mana kamu harus mengurus pembuatan visa ini? Kamu tinggal datang ke Kedubes Korea yang ada di Jalan Gatot Subroto sebelah RS.Medistra. Di jam-jam bawah ini:

  • Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00 ~ 11.30

  • Pengambilan Visa            : 13.30 ~ 16.30

Biasanya lima hari kerja sudah ada info tentang diterima atau tidaknya Visa Korea ini, daripada saya gundah gulana nggak jelas saya setiap hari ngecek di website ini dengan mengetik nomer yang diberikan saat kita apply visa.

Setelah beberapa hari saya pantau, dan akhirnya kabar gembira datang ketika Visa diterima saya pun ijin sama pak bos saat jam makan siang untuk mengambil Passport beserta Visa, HOREEEE Daehan, Minguk, Manse tunggu aku!

Comments

Popular Posts